Pages

20 November 2010

Mau Tahu Cikal Bakal Twitter.com?

Pada kesempatan ini saya akan sedikit menjelaskan tentang sejarah dari berdirinya raja micro-blogging (ya menurut saya sih begitu), Twitter! Tahu apa itu Twitter? Jelas dong! Jaman gini gak tau Twitter, cape deh… Tapi kalo sejarahnya? Waduh apa ya?? Daripada bingung-bingung terus mending kita sama-sama mempelajarinya, setuju? Kalo males bareng-bareng, kamu lihat di Wikipedia aja! (sebenernya ini juga dari Wikipedia lho… Tapi lebih dipermudah hehe…).
Sebagai pembukaan, kayaknya lebih sistematis kalau kita bahas tentang “Apa itu Twitter?”. Mungkin kamu kira Twitter itu sebuah Social Networking kayak Facebook, MySpace, Plurk, dll. Dengan begitu saya menyatakan kalau kamu SALAH! Oleh sang pendirinya sendiri , Evan Williams, menyatakan bahwa Twitter bukanlah sebuah Social Networking namun sebuah Micro-Blogging sehingga penggunanya dengan mudah mendapatkan berita secara real-time dari teman-temannya atau bahkan orang asing…Boleh dikatakan Twitter itu cukup unik. Mengapa? Karena tak ada setitik pun iklan di situsnya. “Wah kalo gitu rugi dong!” Tidak, Twitter bahkan malah untung besar! Kalau rugi sih paling udah bangkrut dari tau kapan hehe… “Terus dia dapet duit darimana?” Soal yang ini kita bahas sama-sama di paragraf yang kedua!

Twitter mendapatkan uang pembagian keuntungan dari third-party yang menggunakan layanannya. Tahu third-party? Itu lho yang kayak UberTwitter, API, Seesmic, dll. Kan biasanya di UberTwitter ada iklan kan, nah dari situ mereka membagi keuntungan. Tapi bukan dari situ saja, masih banyak cara Twitter memperoleh keuntungannya. Kalo masih bingung searching di Google aja hehe…

Dari tadi kok perasaan pembahasan kita melenceng ya? Waduh mari kita kembali ke jalan yang benar! Jadi:
  • Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey menerbitkan pesan Twitter pertama di 21:50 Pacific Standard Time (PST): "hanya menyiapkan twitter saya."
  • Twitter pertama digunakan sebagai layanan internal untuk karyawan Odeo dan versi lengkap diperkenalkan secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
  • Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweets per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
  • Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru: 

2 comments:

Anonymous said... [Reply to comment]

sampai sekarang saya belum punya akun twitter

Admin said... [Reply to comment]

@cucuharis Ow, padahal pengguna Twitter di Indonesia mencapai ranking ke-6 di dunia!

Post a Comment