Pages

17 November 2010

"Dare For Youth!", Buku Paling Atraktif Untuk Anak Muda

Tak mungkin saya tidak memposting buku bagus ini. Kenapa? Ya, dibaca dulu aja deh, gak enak langsung dijelasin disini hehe...

Jadi, Dare For Youth adalah sebuah buku (udah tau ya?). Tentu saja bukan sekedar buku pengembangan diri biasa. Buku ini spesial banget! (tulisannya persis kayak halaman pertamanya) Dari covernya, pasti kawan-kawan sudah terkagum-kagum dan ingin segera membelinya... Buku ini didesain dengan sangat baik, tepatnya: Luar Biasa! Buku ini ditulis oleh 2 pengarang profesional (dilihat dari banyaknya buku yang telah diterbitkan) bernama Timotius Adi Tan (Writer, Trainer, Consultant) dan Josua Iwan Wahyudi (No.1 Young EQ Trainer Indonesia). Sebagai tambahan, buku ini diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo dan ditulis melalui GetYourWisdom Publisihing (ini lho yang membuat bukunya jadi eye-catching). Daripada banyak basa-basi, mending langsung kita bahas inti dari buku ini!
Buku ini diawali dengan membahas mengenai cara kita menjadi "seseorang" di dunia ini. Sukses tidaknya kita dewasa nanti tergantung pada diri kita sendiri, bukan pada orang lain. Ini bukan masalah hoki, nasib, atau takdir. Kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri! Jangan memiliki ketergantungan pada orang lain secara berlebihan. Seharusnya kita selalu berpikir untuk melakukan apa yang kita bisa, bukan apa yang orang lain harus lakukan. Contoh: (biar g bingung hehe..)

Ada seorang guru fisika yang baru mengajar di suatu sekolah yang murid-muridnya memiliki IQ diatas rata-rata sehingga jelas nilai-nilai mereka pun memuaskan. Namun, guru fisika ini mengajar secara aneh dan sulit dimengerti murid-muridnya, alhasil, nilai-nilai ulangan mereka jauh dibawah yang seharusnya. Namun ada 1 murid yang memiliki nilai 80! Ketika ditanya mengapa ia mampu mendapatkan nilai sangat memuaskan itu, ia menjawab: "Memang gurunya tidak jelas dan pelajarannya sulit dimengerti. Namun saya mengambil tanggung jawab pada diri saya dan memanggil guru les sehingga saya bisa menanyakan hal-hal yang tidak saya mengerti padanya".

Lihat? Ia tidak memiliki ketergantungan dengan orang lain. Ia melakukan apa yang ia bisa lakukan, bukan apa yang orang lain harus lakukan.

Satu hal yang TAT dan JIW ajarkan adalah mengenai Relationship. Agak panjang disini, namun saya tak bosen-bosennya baca (sampe ditoilet pun saya baca). Disini dijelaskan tipe-tipe orang itu seperti bagaimana dan cara mengantisipasinya. Daripada membahas tipe-tipe orang, mending kita bahas ketiga sifat yang sangat penting! Sifat-sifat tersebut adalah:

1. Agresif: sifat ini dimiliki orang yang berbicara secara blak-blakan, to-the-point, dan suka menyuruh! Ya, saya punya teman yang seperti ini, anak baru, dan sangat-sangat menyebalkan. Cara mengantisipasinya adalah dengan memiliki sifat pada poin kedua.
2. Asertif: sifat ini dimiliki oleh orang yang bisa megeluarkan opini mereka sendiri secara tenang dan baik-baik. Hal lanjut mengenai asertif dijelaskan dalam buku ini (wkowkowkok saya gak hafal).
3. Pasif: sifat ini dimiliki oleh orang yang gampang disuruh-suruh oleh si Agresif. Ia tidak bisa mengemukakan pendapatnya sendiri karena takut akan "ini-itu".

Ada banyak hal yang sebenarnya ingin saya jelaskan disini mengenai buku Dare For Youth ini. Tapi gak asyik lagi dong kalau semuanya dijelasin! Makanya langsung dicomot bukunya di Gramedia hehe...

Dengan membaca buku ini maka kamu dapat mengetahui:
-Cara memiliki mimpi dan mengejarnya.
-Cara berhubungan dengan orang lain.
-Cara mendapatkan teman baru.
-Cara mengantisipasi berbagai tipe manusia.
-Cara mengetahui harta karun dalam dirimu.
-Cara Memotivasi diri sendiri untuk menjadi yang terbaik!
-Dan masih banyaaaaak lagi! Makanya buruan beli (ini bukan promosi lho.. hoho..).

0 comments:

Post a Comment